Kamis, 16 Mei 2013

MENGENAL PERBEDAAN LAPTOP, NOTEBOOK, NETBOOK ULTRABOOK, DAN PALMTOP



REF#28 
Pada masa yang lalu, satu-satunya pilihan untuk memilih perangkat komputasi untuk penggunaan pribadi adalah komputer desktop yang memiliki ukuran besar dan memakan tempat. Namun dengan perkembangannya komputer menjadi lebih kecil dan praktis. Pada sebagian orang perbedaan istilah laptop, notebook, dan netbook ultrabook, dan palmtop  mungkin bukanlah hal yang besar. Tapi jangan salah, masih banyak lho teman-teman kita yang masih suka bingung membedakan apa itu Laptop, Notebook, dan Netbook, Ultrabook, Palmtop.
Tentu saja mereka berbeda jauh untuk penggunaan komputing dan sangat penting untuk mengetahui perbedaan di antara mereka. Maka dari itu biar kamu tidak lagi bingung, di artikel ini saya akan sedikit jelaskan tentang perbedaannya.

Laptop dan Notebook
Laptop itu sendiri adalah sebutan Umum untuk Notebook dan Netbook. Jadi Laptop itu bisa diartikan sebagai Netbook maupun Notebook. Asal katanya tetap sama yaitu merujuk pada komputer yang digunakan di pangkuan. Secara historis, laptop memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, dirancang untuk menggantikan komputer desktop dan bisa dibawa di atas pangkuan Anda. Sedangkan Notebook hanya memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dari laptop – sesuatu yang bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi dan identik atau menggantikan peran Notebook tradisional. Namun hari ini tidak ada perbedaan diantara keduanya. Produsen akan menggunakan kata Notebook dan Laptop secara bergantian, dan itu sangat langka untuk melihat istilah Laptop pada sekarang ini.
Dibandingka dengan Laptop, Notebook sedikit lebih eye catching, Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya

Netbook

Netbook merupakan salah satu varian dari komputer jinjing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam merambah web, dan menulis surat elektronik, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terhadap aplikasi berbasis web untuk pengguna yang tidak membutuhkan keberadaan komputer berspesifikasi tinggi.
Kepopularitasan mereka telah menurun beberapa tahun terakhir akibat tergeser dengan tablet, Netbook sangat cocok untuk tugas komputasi sehari-hari, namun game atau program berat lainnya seperti Photoshop tidak memungkinkan untuk Anda instal pada Netbook.

Ultrabook
Ultrabook adalah merupakan perpaduan antara kecanggihan sebuah PC Game dengan Tablet PC yang memiliki tipis kurang dari 20 mm dengan spesifikasi yang sangat tinggi, ultrabook ini bisa digunakan dalam kondisi yang ekstrim layaknya PC desktopPenggunaan Ultrabook pertama kali digunakan untuk merepresentasikan Apple MacBook Air yang mana dikenal memiliki bodi yang sangat tipis dan dari situlah kata Ultrabook pertama kali didengungkan. Jadi bisa dikatakan bahwa MacBook Air merupakan Ultrabook pertama yang hadir di pasaran. Meskipun memiliki profil yang tipis yakni kurang dari 2 cm, namun ukuran layar yang dibawanya sering menyaingi ukuran notebook yang normal. Ultrabook sebaian besar dibekali dengan SSD Hard Drive – jenis ini lebih cepat, ringan dan silent dibandingkan dengan HDD. Memilki kecepatan yang lebih cepat, SSD lebih mahal untuk kategori harga dibandingkan dengan HDD meskipun berukuran 128 GB saja, jadi tidak akan biasa jika Ultrabook memiliki daya simpan hanya sebesar 128 GB. Ultrabook juga biasanya tidak dilengkapi dengan DVD Drive, jadi selalu ingat hal ini sebelum Anda berbelanja untuk membeli laptop.
Sangat cocok untuk tugas komputasi sehari-hari dan dapat Anda gunakan untuk memainkan game ringan. Jenis ini akan sangat berjuan untuk memainkan permaian yang memiliki grafis 3D atau game yang memiliki tingkat yang lebih tinggi lagi. Ultrabook memiliki harga yang sangat bervarisai, mulai dari 7 jutaan hingga 15 jutaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar